Satuan Data Komputer Dan Pengalamatan Komputer

SATUAN DATA KOMPUTER

BERKAS – Ukuran sebuah berkas umumnya direpresentasikan dalam satuan bita (byte). untuk lebih besar menggunakan satuan KiB (kibibita, yang berarti 1,024 bita). Selanjutnya akan dijelaskan pada table berikut :

Konversi Bit

1 byte  1 kilobyte  1 megabyte  1 gigabyte 1 terabyte  1 petabyte
 8 bit   1.024 byte  1.024 kilobyte 1.024 megabyte 1.024 gigabyte   1.024 terabyte

Satuan bit itu bukan per seribu, namun tepatnya per seribu dua puluh empat (1024). Untuk pembulatan, biasa digunakan 1000.

Dalam mekanisme penyimpanan berkas, komputer akan menyimpan berkas dalam dua jenis ukuran: 1.) Ukuran fisik dan 2.) Ukuran logis. Ukuran fisik berkas merujuk kepada ukuran aktual dari berkas, yakni berapa banyak bita yang terdapat di dalam berkas. Sementara ukuran logis merujuk kepada jumlah ruangan yang dialokasikan oleh sistem berkas untuk menempatkan berkas yang bersangkutan di dalam media penyimpanan.

Namun berbeda dengan data di komputer. Data pada komputer memiliki satuan bit (binary digit) yang merupakan angka 1 atau 0 pada sistem binary. Namun umumnya, digunakan unit byte yang merupakan 8 bit sebagai satuan. Byte bersifat diskrit dan merupakan satuan data terkecil dalam data sehingga kita tidak mengenal ada milibyte, mikrobyte, dan sebagainya.

SITEM PENGALAMATAN IP

TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) jika diterjemahkan adalah Protokol Kendali Transmisi/Protokol Internet, adalah gabungan dari protokol TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju.

Protokol ini paling banyak digunakan saat ini, karena protokol ini mampu bekerja dan diimplementasikan pada lintas perangkat lunak (software) di berbagai sistem operasi Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack.

Alamat IP (Internet Protocol Address atau sering disingkat IP) adalah deretan angka biner antara 32 bit sampai 128 bit yang dipakai sebagai alamat identifikasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet. Pengertian host dan Domain sebagai berikut :

  1. Host Adalah suatu komputer yang terhubung dengan jaringan yang dalam hal ini adalah Internet. Komputer ini dapat memberikan fasilitas layanan kepada jaringan yang  terhubung kepadanya.
  1. Domain Yang digunakan untuk menentukan posisi hirarki host dari jaringan Internet. Dibawah nama domain dalam hirarki ini dimungkinkan adanya nama subdomain.

Sistem pengalamatan IP ini terbagi menjadi dua, yakni IPv4 dan IPv6 rinci sebagai berikut :

  • IP versi 4 (IPv4)

IPv4 ini menggunakan penomoran 32-bit dan terdiri dari 4 oktet decimal dan dibuat pada tahun 1983 dan masih di gunakan pada sampai saat ini. Contoh pengalamatan IPv4: 192.168.1.254

– ) IP versi 4 (IPv4) Dalam  IPv4 atau IP versi 4 alamat IP address di bagi menjadi 5 kelas yaitu:

Kelas A : ( 1 – 126), Kelas B : (128-191), Kelas C : (192-223), Kelas D : (224-239), Kelas E : (240-255)

Untuk pembagian IPv4, pengalamatan ini dibagi menjadi 2 sifat yaitu, IP private dan IP public.

  • IP private hanya bersifat local dan tidak bisa digunakan untuk mengakses internet & penggunaannya bebas. Pembagian kelas sebagai berikut :
    Kelas A : IP 10.x.x.x
    Kelas B : IP172.16.x.x sampai 172.30.x.x
    Kelas C : IP 192.168.x.x
  • IP public bersifat worldwide, bisa digunakan untuk mengakses internet namun penggunaan atau konfigurasinya tidak bebas (ada yang mengatur).tiap kelas memiliki 1 slot yang berfungsi sebagai IP public, yang intinya IP public tidak termasuk list IP yang terdapat pada IP private. Lembaga yang mengatur / menyediakan IP public adalah IANA, singkatan dari Internet Authorized Numbering Association.

Dalam pengalamatan IPv4 , sangat di dasari oleh karateristik  berikut ini:

-)  Network ID,  Host ID,  Subnet Mask,  Broadcast

  • IP versi 6 (IPv6)

IPv6 ini menggunakan penomoran 128-bit , dalam IPv6, alamat 128-bit akan dibagike dalam blok berukuran 16-bit, yang akan di konfersikan ke dalam blangan heksadesimal berukuran 4digit. Setiap blok bilangan heksadesimal tersebut akan di pisahkan dengan tanda  (:) titik dua
contoh pengalamatan IPv6 : 21DA:00D3:2F3B:02AA:00FF:FE28:9C5A

Dari Sekian Pengalamatan data komputer dan jaringan kita menghubungkan antara satu dengan berbagai banyak komputer yang terkoneksi dan memliliki address yang berbeda beda untuk saling terhubung satu dengan yang lain secara online maupun lokal.

 


DAFTAR PUSTAKA :

http://andikadrift.blogspot.co.id/2014/02/pengalamatan-dasar-jaringan-komputer.html

https://agusauliaprasetyo.wordpress.com/2013/04/15/pengalamatan-dasar-jaringan-komputer/

https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas_komputer

https://id.wikipedia.org/wiki/Alamat_IP

https://id.wikipedia.org/wiki/Bit

https://id.wikipedia.org/wiki/Internet_protocol_suite

https://satriaskyterror.wordpress.com/2011/02/25/sistem-satuan-data/

http://azriazizah0.blogspot.co.id/2012/11/pengalamatan-internet.html

CREATE BY : 15.5.00018

About bayoe

mempunyai misi membuka sebuah lapangan yang berdesikasi dalam berfikir.

Posted on Januari 15, 2016, in admin, Perkembangan IT and tagged , , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

silahkan POST/ komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: