MATA BIONIK TECHNO

Mata bionik ialah organ penglihatan tiruan yang digunakan bagi mengubati penyakit yang menyebabkan buta. Penciptaannya adalah hasil daripada penyelidikan Greg Suaning dan Nigel Lovell.

Mata bionik mengandungi kamera yang bersambung dengan sepasang cermin mata. Mata bionik menggunakan retinal implantasi untuk menghantar isyarat radio frekuensi ke mikrocip yang telah ditanam pada retina. Antara kelebihan-kelebihan mata bionik ialah membantu orang berusia yang menghidapi buta penglihatan akibat faktor umur,individu yang menderita penyakit retinitis pigmentosa(satu penyakit genetik). Selain itu,ia membantu pesakit mengenali keadaan sekeliling seperti raut wajah seseorang dan mengecam paras wajah. Selain daripada itu,pemasangan mata bionik memerlukan kos yang amat tinggi iaitu sekitar $100,000.

REPUBLIKA.CO.ID – CNN Indonesia Seorang wanita buta yang kini menggunakan ‘mata bionik’ mengungkapkan kegembiraannya setelah mampu melihat dunia kembali. Rhian Lewis (49 tahun), diberi implan retina sebagai bagian dari percobaan yang tengah berlangsung di Rumah Sakit Oxford John Radcliffe.”Kini para ilmuwan sudah berada di tahap biologi di mana mereka memahami banyak penyebab dari masalah penglihatan,” kata dokter Paul Sieving yang juga direktur National Eye Institute di National Institute of the Health, Amerika Serikat.

Pemahaman baru tersebut membuka peluang dari pengobatan kebutaan menggunakan implan, terapi gen, dan sel induk. Dari berbagai peluang yang ada, ilmuwan pun harus menentukan yang terbaik bagi para pasiennya. Salah satunya mata bionik.

Pemilik mata minus tinggi disarankan memeriksa retinanya tiap enam bulan sekali untuk menghindari putusnya syaraf mata.

Pemilik mata minus tinggi disarankan memeriksa retinanya tiap enam bulan sekali untuk menghindari putusnya syaraf mata. Ibu yang berasal dari Cardiff, Wales ini telah menderita kelainan bawaan, retinitis pigmentosa sejak berusia lima tahun. Kondisi ini menyebabkan kerusakan bertahap pada retina yang menyebabkan kebutaan.Selama tes tindak lanjut, Lewis diminta untuk melihat jam dari jarak dekat untuk melihat apakah dia bisa memberitahu waktu dengan tepat. Ia tidak dapat melakukan hal ini dengan mata kanannya selama 16 tahun dan enam tahun dengan mata kirinya.Ketika Lewis menyadari ia bisa mengatakan bahwa waktu itu pukul tiga, Ibu dari dua anak ini merasa berada dalam perayaan natal. “Mereka mengatakan saya mungkin tidak mendapatkan sensasi apapun. Kemudian tiba-tiba dalam hitungan detik ada ini berkedip di mata saya yang sebelumnya tidak memandang apa-apa untuk lebih dari 16 tahun, ” ujar Lewis dilansir dari laman Independent, Selasa (5/1).

Satu dari 3.000 hingga 4.000 orang di Inggris memiliki penyakit, yang saat ini belum ada obatnya. Lewis benar-benar buta di mata kanannya dan memiliki hampir tidak memiliki pandangan di mata kirinya. Implan, yang dibuat oleh perusahaan Jerman Retina Implant AG, ditempatkan di mata Lewis pada Juni.


REFERENSI :

http://www.cnnindonesia.com/teknologi/20150911072832-199-78023/ilmuwan-sukses-pasang-mata-bionik-pada-manusia/

http://u.msn.com/id-id/berita/teknologidansains/wanita-ini-akhirnya-dapat-melihat-dengan-mata-bionik/ar-AAgmpGm

https://ms.wikipedia.org/wiki/Mata_bionik

NIM : BAYOE_15.5.00018

About bayoe

mempunyai misi membuka sebuah lapangan yang berdesikasi dalam berfikir.

Posted on Desember 18, 2015, in Perkembangan IT and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

silahkan POST/ komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: