REPUBLIKA.CO.ID, LONDON — Pesawat terbesar di dunia akhirnya berhasil take off untuk pertama kalinya. Pesawat ini bisa terangkat setelah diisi oleh 1,3 juta kubik kaki helium. Namun, pesawat itu belum siap dan masih berada di loksi sampai lebih dari tahun depan. Pesawat terbang adalah pesawat udara yang lebih berat dari udara, bersayap tetap, dan dapat terbang dengan tenaga sendiri.

The Airlander, pesawat ini awalnya dikembagkan sebagai bagian dari proyek angkatan darat AS namun dibatalkan oleh petinggi militer di sana. Perusahaan Hybrid Air Vehicles yang merupakan salah satu kontraktor pesawat. Airlander 10 milik Britania Raya – pesawat terbesar di dunia – terus menarik investasi. Desainer pesawat ini, Hybrid Air Vehicles (HAV), telah memenangkan €2,5 juta ($2,7 juta) dari Uni Eropa dari dana inisiatif pengembangan transportasi hijau.

Pesawat ini untuk tujuan penerbangan bisnis dan wisata di Cardington, Bedfordshire. Tujuan adanya pesawat terbesar dan canggih ini sebagai berikut :

  1. Untuk menjadikan pesawat terbang yang dapat take-offdan landing dimana saja (air, tanah, es, pasir).
  2. Untuk menjadikan pesawat terbang yang dapat terbang dalam jangka waktu berminggu-minggu.
  3. Untuk menjadikan pesawat terbang yang  dapat terbang dengan biaya rendah dan polusi yang sangat kecil.

Pada akhirnya, pesawat ini bisa menampung 48 penumpang.

Pesawat kombinasi antara pesawat terbang dan balon udara ini tersebut diisi dengan 1,3 juta kaki kubik helium atau volume yang setara untuk mengisi 15 kolam renang di olimpiade. Secara dimensi, pesawat ini berukuran panjang 302 kaki, lebar 143 kaki dan tebal 85 kaki. Pesawat Airbus A380 hanya memiliki panjang 240 kaki. Pesawat hidbrida ini 60 persennya menggunakan helium.

Pesawat ini bisa mengudara selama dua pekan, dengan jelajah lebih dari 90 mph dan bisa berada di ketinggian 20 ribu kaki dengan muatan 10 ton, menampung hanya sepertiga kapasitas pesawat biasa. Sehingga, pesawat ini bisa mendarat hampir di mana saja – termasuk di atas air. Banyak orang memuji Airlander sebagai masa depan pesawat sebab tidak seperti pesawat konvensional, pesawat ini hanya menghasilkan sedikit polusi dan tidak berisik.


Referensi :

http://u.msn.com/id-id/berita/teknologidansains/pesawat-terbesar-di-dunia-berhasil-take-off/ar-BBn8umo?ocid=mailsignoutmd

https://id.wikipedia.org/wiki/Pesawat_terbang

http://www.kevinfajri.com/airlander-hybrid-air-vehicle/

https://insider.pro/id/article/13286/

CREATE BY : 15.5.00018