Republika.co.id, Solopos, redaksi, Tokyo — Para ilmuwan dari University of Tokyo Institute of Industrial Science (IIS) menciptakan sebuah kaca jenis baru yang diklaim bisa sekuat baja alias antipecah. “Kaca sekuat baja tersebut akan diproduksi massal dalam lima tahun ke depan,” kata Atsonobu Masuno, profesor University of Tokyo nstitute of Industrial Science, Jepang kepada Asashi Shimbun. 

Dijelaskan dalam laporan tersebut sebagaimana dilansir Emirates247.com, Kamis (5/11/2015), kaca bernama Oxide itu dibuat dari silikon dioksida yang dicampur dengan oksida aluminium (alumina).

Tetapi ukuran kaca dibentuk seperti kaca pada umumnya, bahkan didesain lebih ringan dan tipis. Alhasil dengan ukuran ringan dan tipis, kaca ini pun diklaim tentu bisa menjadi solusi tepat untuk melindungi layar perangkat ponsel pintar Anda. Penemuan ini bukan hanya menjadi kabar baik dari industri perangkat elektronik, namun juga bagi industri otomotif.

Tak hanya ponsel pintar, kaca antipecah ini juga tentunya bisa membuat berbagai perangkat elektronik, mulai dari laptop, tablet dan sebagainya lebih tahan lama.

Kaca ini dibuat dnegan kombinasi alumunium oksida yang biasa digunakan untuk plastik dan cat.Kombinasi bahan itulah yang bisa menghasilkan kaca keras, kokoh dan sekuat baja.