Google Chipset Android

CHIPSET SMARTPHONE BUATAN GOOGLE

Chipset pada smartphone dan tablet berbeda dengan Chipset pada komputer PC. Dalam perangkat komputer PC, Chipset bekerja lebih spesifik dan terpisah dari CPU yang bekerja dalam menangani perhitungan.

Di perangkat PC, Chipset justru bekerja mengontrol memori, grafis, sound, dan CPU itu sendiri. Lain hal dengan perangkat smartphone atau tablet. Chipset pada perangkat mobile sering dikenal sebagai sebuah SoC. Istilah ini berarti system-on-a-chip yang berarti sebuah chip silikon yang didalamnya terdiri dari semua komponen. Di dalam SoC terdapat sebuah prosessor, pengolah grafis, memori, USB controller, pengontrol manajemen daya dan pengontrol konektivitas jaringan (WiFi, 3G, 4G LTE, dan sebagainya). SoC ini dibangun agar lebih efektif dan fungsional.

Kita akan mengenal bendor vendor chipset diantaranya seperti Qualcomm, Mediatex, Nvidia Tegra, Exynos, Omap

Menurut sumber yang ikut dalam pertemuan tersebut, chipset rancangan Google itu akan memungkinkan berbagai fitur baru bisa berjalan di ponsel Android, seperti virtual reality atau augmented reality. Google berharap fitur-fitur baru itu bisa diimplementasikan dalam beberapa tahun ke depan. Google kemungkinan juga akan mengajak vendor smartphone untuk menggunakan chipset buatannya, seperti Samsung.

Apakah saya pikir Google ingin untuk merancang prosesor sendiri untuk menjadi lebih seperti Apple? Tidak benar-benar, tidak ada. Saya pikir Google, jika mereka serius tentang mendapatkan ke dalam desain chipset, melihat positif dalam membuat ekosistem ketat yang juga akan memungkinkan mereka untuk berinovasi lebih cepat dan lebih mudah. Chipset google bisa dikatakan open source dan bisa dibuat oleh mereka yang mau menambahkan.

Google ingin terjun ke pasar hardware lebih serius dan ingin membuat chipset pada perangkat smartphone. Setelah membuat ponsel Nexus, laptop Chromebook, perangkat hiburan Chromecast, dan laptop Pixel C yang akan datang.

Chipset new for Google
Dikutip KompasTekno dari The Information, Jumat (6/11/2015), Google dilaporkan telah berbicara dengan vendor-vendor pembuat mikroprosesor untuk membuat chipset sesuai dengan permintaan dan desain dari Google sendiri.

“Masalah” bahwa Google dengan Android. Tentu saja, siapa saja yang sebenarnya mengerti ide di balik Android. Membahas desain untuk chip yang digunakan di ponsel Android yang mematuhi kebutuhan Google dan keinginan, karena jika Google memiliki lebih kontrol, maka fragmentasi dapat dibunuh selamanya!,

Untuk memperbaiki efisiensi atau kekuasaan atau biaya dari chipset yang digunakan dengan sistem operasi mereka kontrol,

Rancangannya yang dimiliki google dan berharap sistem operasi Android bisa lebih bersaing dengan Apple iOS di segmen ponsel high-end danmengatasi terkait Android. Chipset Google bercita-cita menyeragamkan “jeroan” perangkat berbasis Android tersebut.

Dalam diskusi yang baru-baru ini dilakukan itu, perwakilan Google mengajukan desain chip yang ingin dikembangkan bersama, termasuk di dalamnya adalah prosesor ponsel.

Google sendiri memiliki ide-ide desain untuk chipset yang menjalankan perangkat Android. Desain mereka (atau standar setidaknya mereka berharap orang akan mengadopsi) ingin memperkenalkan hal-hal seperti fitur virtual reality dan augmented, bahkan mungkin menambahkan sensor lebih kuat, dan berpotensi lebih “tenaga kuda.”

Standarisasi apapun biasanya membantu mendapatkan pesan atau fitur atau apapun itu, kepada semua orang lebih mudah. Meyakinkan Qualcomm atau Mediatek atau Samsung yang desain atau ide Google lebih baik dari mereka adalah seluruh topik lainnya.


Referensi :

http://tekno.kompas.com/read/2015/11/06/10010037/Chipset.Racikan.Google.Ingin.Bubarkan.Keramaian.Android

http://www.oprekandroid.com/mengenal-bermacam-chipset-pada-smartphone-android.html

Report: Google Wants to Help Design the Chipsets Used in Android Phones

CREATE BY : BAYOE_15.5.00018

 

About bayoe

mempunyai misi membuka sebuah lapangan yang berdesikasi dalam berfikir.

Posted on November 6, 2015, in Perkembangan IT and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

silahkan POST/ komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: