Karya google dan Facebook dengan koneksi Laser

Google dan Facebook Ingin Sebar Internet Pakai Laser. Laser Sarana Konektivitas Internet di Daerah Terpencil. Dan Facebook Ingin Sambungkan Dunia dengan Drone, Satelit dan Laser

Google dan Facebook adalah pionir upaya ini. karena perusahaan perusahaan sudah melihat bagaimana laser berkerja. Teknologi laser adalah teknologi yang menjanjikan untuk negara-negara berkembang dan di bagian-bagian dunia di mana penanaman kabel sulit dilakukan, kabel mudah rusak atau di daerah terpencil di mana tenaga kerja dan bahan baku cenderung mahal.

Google, yang menggunakan balon-balon helium di stratosfer untuk menyediakan akses Internet di daerah-daerah terpencil. Proyek Google Loon menggunakan radio atau laser yang memungkinkan balon-balon itu memindahkan data di wilayah-wilayah yang jauh dari stasiun penerus di darat.

“Baik Google maupun Facebook berpikir jika mereka dapat menerbangkan pesawat-pesawat ini ke stratosfer, sekitar 20 kilometer di atas Bumi, dan drone bisa berbulan bulan dapat melakukan aksesnya karena tenaga diambil dari tatasurya.

“Mereka mengklaim memiliki rekor baru dan melakukan pengiriman data laser tercepat,” ujar Simonite. “Dan saya kira ini memperlihatkan bahwa mereka memang serius melakukan ini dan mencoba mendorong teknologi ini ke depan.”

“Dan saya kira ini memperlihatkan bahwa mereka memang serius melakukan ini dan mencoba mendorong teknologi ini ke depan,” tambahnya seperti dilansir voaindonesia.com, Selasa (20/10/2015).

Facebook telah membuat layanan baru untuk masyarakat kurang di aliri oleh akses internet. “Dalam upaya kami menghubungkan seluruh dunia dengan Internet.org, kami telah mengerjakan sejumlah cara untuk menghadirkan internet ke orang-orang dari langit. Kami berbagi beberapa detil tugas yang akan dilakukan Facebook Connectivity Lab yaitu (mereka) sedang membangun drone, satelit dan laser untuk menghadirkan internet ke semua orang,” tulis CEO Facebook, Mark Zuckerberg, di akun Facebook resminya.

Perusahaan-perusahaan lain menggabungkan teknologi laser ini dengan radio untuk mengirim konektivitas Internet yang tak terputus dalam cuaca buruk. Pada situasi seperti itu, Simonite mengatakan baik koneksi laser maupun radio berlangsung secara paralel, jadi laser dapat memperbaiki kekurangan dalam koneksi radio. Tapi kebutuhan menggunakan keduanya secara simultan bisa membatasi, ujar Simonite. Ia mengatakan “potensi laser dapat digunakan secara penuh” dengan proyek seperti yang dilakukan Google dan Facebook.

Dalam sebuah video, Facebook Connectivity Lab menjelaskan secara singkat cara kerja pendistribusian internet tersebut. Penggunaan satelit diperuntukan lokasi dengan kepadatan penduduk rendah. Beberapa satelit akan diluncurkan pada orbit yang sudah ditetapkan, agar bisa memberikan cakupan sinyal laser tak terlihat secara simultan.

“Di tim kami, ada beberapa pelopor dalam bidang ini yang menyebutnya sebagai free space optics, karena mampu mendistribusikan secara nyata, data stream berkapasitas luar biasa tinggi — mirip dengan apa yang Anda temukan melalui jaringan serat optik — di udara,” kata Yael Maguire.


Referensi :

http://tekno.kompas.com/read/2015/10/22/15063757/Google.dan.Facebook.Ingin.Sebar.Internet.Pakai.Laser

http://www.riauonline.co.id/2015/10/21/laser-untuk-konektivitas-internet-di-daerah-terpencil

http://www.teknoup.com/news/29129/facebook-ingin-sambungkan-dunia-dengan-drone-satelit-dan-laser/

About bayoe

mempunyai misi membuka sebuah lapangan yang berdesikasi dalam berfikir.

Posted on Oktober 22, 2015, in Perkembangan IT and tagged , . Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

silahkan POST/ komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: